First remedy for dry skin / pertolongan pertama pada kulit kering

Hai!

Jadi hari kemarin secara tiba tiba kulit muka tuh rasanya kering banget, paling parah dibagian hidung, ujung hidung malah kering banget dan kayak habis kebakar, padahal engga kena matahari yg gimana gitu, secara semenjak hamil jarang pergi kemana mana. Pinggir hidung kering banget malah menjurus kayak hampir luka, yang kalau dipegang itu perih.  Pusing dong kenapa bisa begitu, hari ini malah keringnya makin parah. Suami sampe nanya “itu hidung kamu kenapa kayak abis berjemur” Sebenarnya ada beberapa kemungkinan yang bikin kulit wajah jadi kering, yaitu

  • Dehidrasi
  • Hormon karena hamil jadi kulitnya kering
  • Salah pakai produk wajah
  • Sabun muka yang bikin kering

Kalau dehidrasi, sebenernya agak coret ya, karena sekarang minum banyak banget (disertai kunjungan ke kamar mandi yang banyak) dan aku termasuk orang yang suka ngecek warna air seni, kalau mulai pekat banyakin deh tuh minum air putihnya. Mungkin ada andil perubahan hormon saat hamil, baca baca, ibu hamil memang suka kering kulitnya, berasa sih bibir suka agak kering (tapi bukan yang pecah pecah gitu) atau kulit di tulang kering dan siku, biasanya sih pake vaseline udah aman. Nah sisa urusan kosmetik dan sabun muka, yang aku notice aku berubah belakangan adalah dua ini. Sabun muka aku emang tujuannya mengeringkan jerawat, jadi kalo abis cuci muka berasa sedikit kering, tapi abis pake toner dan serum udah berasa oke lagi kok mukanya, dan bukan yang baru pakai satu dua hari ini sih. Kayaknya yg bikin super kering ini karena kemarin aku makeup-an dam aku coba mac prep & prime yg sample size, mungkin kadaluarsa kali ya. Huft… atau emang engga cocok dikulit aku. Selain itu sih makeup yang dipakai sama semua.
Oke, balik ke topik pertolongan pertama untuk kulit kering yang aku alami. Karena gemes banget dengan kulit kering ini, aku langsung ambil langkah dengan maskeran, berhubung masker aku yang biasa itu untuk exfoliate dan angkat komedo, engga mungkin aku pakai dong, nah aku coba yang alami (even masker aku biasanya juga alami sih)

Madu  

honey

Madu punya segudang khasiat untuk tubuh kita, engga hanya untuk tubuh tapi madu juga memiliki khasiat yang bagus untuk wajah dan rambut kita, kalau untuk wajah selain dapat membantu menghilangkan jerawat, noda bekas jerawat, mengecilkan pori pori juga sebagai anti aging, madu juga berkhasiat untuk membersihkan dan melembabkan wajah. Jelas wajah aku lagi kering banget kan, butuh dong untuk di moisturize, jadi begitu sampai rumah, aku langsung cuci muka dan maskeran pakai madu. Untuk cara maskerannya itu

  • Sebenarnya bisa pakai madu apa aja asal madu asli, aku pakai sekitar satu sendok teh madu, karna lagi hamil dan sering disuruh minum madu, aku pakai madu yang sama untuk mukaku
  • Madunya langsung aja diaplikasikan ke wajah, bisa pakai jari atau kuas, aku sih pakai jari hehe.
  • Oleskan madu ke wajah yang setengah kering, karna disini madunya lengket dan aku engga pakai bahan tambahan (biasanya suka campur putih telur) jadi lebih enak diaplikasikan saat muka setengah kering, kalau engga, lengket banget dan susah buat diratakan madunya
  • Tunggu 10-15 menit lalu bersihkan muka, aku disini cuci pakai sabun sih, biar engga ada sisa madu, dan cuma maskeran sekita 12 menit. Duh gatel gatel gremet karna madunya ga kuat. Haha

Baiknya maskeran sebelum tidur, jadi habis itu muka istirahat. Setelah maskeran dengan madu aku lanjutin skincare routine seperti biasa. Toner + serum, entah kenapa rasanya masker madu ini langsung ngefek, habis pake toner dan serun muka aku berasa lembab, ya meskipun bagian hidung masih mengelupas kulitnya (but it’s getting better) . Lembabnya beda sama kayak kalau habis pakai serum malam malam lain, hmm memang efek dari madunya kali yaaa.

 Timun

Health-and-Beauty-Benefits-of-Cucumber-Kheera123

Engga puas sama madu, besoknya aku maskeran pakai timun, karna menurut suami timun itu yang paling men-hidrate jadi nurut lah, belum lagi memang dia sudah terkenal kan untuk membantu mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari, yang mana entah kenapa kulit hidung aku kayak terbakar padahal engga jemuran. caranya untuk maskeran timun engga sulit kok.

  • Pertama tama siapkan timun, cuci bersih dan parut, sisakan dua slice untuk kompres mata. Kalau mau makin yahud sih sebelumnya timun di kulkaskan terlebih dahulu jadi ada dingin dingin gimana gitu
  • Setelah itu tinggal diratakan keseluruh wajah, saran aku siapin handuk disekitar wajah dan leher, karna air dari timunnya ngalir dan bikin basah kemana mana hehe. Minta bantuan orang lain kalau bisa untuk aplikasi masker timun, karena beda dengan madu yang kamu bisa pakai diwajah sambil duduk, parutan timun ini watery banget, jadi agak sulit kalau mau pakai sendiri dan sambil tiduran.
  • Diamkan sekitar 10-15 menit, atau sampai parutan timun rasanya agak mengering. setelah itu bersihkan parutan timun yang ada diwajah dan basuh wajah dengan sisa air dari parutan timun sebelumnya. lalu bilas lagi dengan air bersih. Saran aku sih engga usah dicuci sabun lagi ya (cuci muka dengan sabunnya sebelum pakai masker timun)

Yang paling berasa disamping kulit yang lebih lembab, adalah instant glowing effect! bener deh abis maskeran pake timun muka cerah seketika, ya bukan yang permanen juga sih, besok pagi juga hilang haha. Aku tetep ngerasa lebih lembab habis maskeran pake madu sih, suami bilang dia kalau maskeran pake timun ada rasa gatel gatelnya gitu, aku malah berasa gatel pas pakai madu, mungkin karena itu kali ya lebih kerasa efek dari madunya.

Minyak zaitun

OLIVE-oil-for-hair-650x365

Sebenarnya ada satu lagi cara untuk melembabkan wajah, kalau mama aku pakai 3x seminggu, yaitu pakai minyak zaitun. Minyak zaitun juga terkenal khasiatnya untuk membersihkan dan merawat kulit wajah, engga cuma itu untuk rambut dia juga bagus loh, bikin rambut sehat dan shiny. Kalau mama sih bilang enak banget kulitnya jadi kenyal rutin pake minyak zaitun ini, tapi aku trauma pake minyak minyakan, kulit aku yg kombinasi kering dan minyak ini kalau kena minyak apalagi maskeran pake minyak suka jerawatan, jadi cara ini aku skip deh. Untuk kalian yang punya kulit yang cenderung kering mungkin bisa dicoba. Caranya cukup oleskan minyak zaitun secukupnya diwajah, diamkan 10-15 menit lalu cuci wajah hingga bersih.

***

Cara cara diatas tadi bisa kamu lakukan secara rutin seminggu 1-2 kali untuk hasil yang lebih baik. Yang alami memang lebih repot dan hasilnya kadang tidak se-instant produk dengan bahan kimia, tapi percayalah yang alami lebih baik efeknya untuk kita dikemudian hari. ( Super sekali bahasanya #calonmamamencariyangalami )

Kalau aku sih dengan dua hari ini maskeran pakai timun dan madu, kulit hidung sudah jauh lebih baik, bekas kayak kejemur yang hidung jadi lebih merah sudah hilang, rasa perih karena kulit kering pun sudah tidak terasa, tinggal kulit kulit matinya aja yang masih sisa, ya balik lagi sih, yang alami itu tidak instant. Tapi ini pertolongan pertama yang oke banget buat masalah kulit kering aku ini 🙂

ps : semua gambar saya ambil dari google dan bukan hasil foto saya sendiri

Leave a comment