Puasa Saat Hamil, bolehkah?

Hola!

Begitu mendekati puasa, diri ini jadi makin galau, tahun ini puasa engga ya? Mamaku sih menyarankan untuk tetap berpuasa, kalau mertua gimana enaknya aku, pengalaman kakak ipar sih mending jangan puasa. Hasil tanya tanya ke teman yang umur hamilnya berdekatan pun mereka tidak berpuasa. Jadi makin galau sih sebenarnya mau puasa apa engga, bisikan dari kuping kiri sih bilangnya “udah engga usah puasa, kasihan dede bayinya” kalau kuping kanan bisikannya “coba dulu aja, kalau engga dicoba kan kita engga akan tahu kuat engganya” Nah gimana niih?

Continue reading

Tujuh Bulanan dan Prosesi Tingkeban

Helloooo…

Engga berasa ya udah 7 bulan aja si dede bayi ini. Inget banget awal tahun 2017, meskipun usia kandungan baru 3 bulanan, saya sudah mulai cari cari vendor untuk acara 7 bulanan dede bayi, emang dasarnya aja suka bikin acara. Berhubung anak pertama dan memang penasaran juga sama prosesi siraman dan acara adat tingkeban untuk kehamilan 7 bulan, jadi mengajukan permohonan lah ke suami dan keluarga untuk bikin pengajian+siraman 7 bulanan (sekalian ngetes vendor untuk nikahan adik). Sebenarnya acara tujuh bulanan ini menyekaliguskan beberapa acara sih, 1. Biar rumah dingajiin karna dari awal pindah belum pernah bikin house warming. 2. Kumpul kumpul keluarga sebelum puasa. 3. Tujuh bulanan si dede. Makanya jadi rame deh. Haha

Continue reading

Bidan Erie Marjoko

Holaa..

Saya mau share nih pengalaman pertama saya ke ibu bidan Erie Marjoko. Beliau adalah salah seorang bidan yang sangat pro gentle birth.

Awal mula bisa sampai ke budhe (panggilan akrab beliau) itu karena usia kandungan saya sudah menginjak ke umur 30minggu, dan si dedek bayi masih betah kepalanya diatas, biar lebih deket ke jantung mamanya kali yaa. Hehe. Hasil ngobrol ngobrol dengan teman saya, dia bilang yoga lebih berpengaruh untuk mengubah posisi bayi dibandingkan senam hamil.

Continue reading

Hypno-birthing and Hypno-breastfeeding Class

Hi Mom to be!

Jadi sekitar awal bulan april saya lihat post instagram salah seorang ibu yang melahirkan dengan proses gentle birth, dan dia berterima kasih sekali dengan @hypnobirthingindonesia , karena penasaran saya langsung meluncur ke ignya dan cek jadwal kelas mereka, saya coba menghubungi nomer yang ada di ig hypnobirthingindonesia untuk menanyakan jadwal kelas terdekat,  lalu saya direfer ke team yang menangani hypno-birthing and hypno-breastfeeding class di RSIA Kemang (KMC). Begitu tau jadwal kelasnya kapan aja dan diskusi dengan suami akhirnya kami pilih tanggal 22-23 april kemarin untuk ikut kelas ini, kebetulan pas long weekend juga kan, jadi suami ada liburnya sehari.

Continue reading

Stretch marks dan perut gatal saat hamil!

Duh ya kayaknya momok ibu hamil banget ya stretch marks itu, beruntung lah ibu ibu yang ketika hamil engga muncul stretch marks sama sekali di perut atau bagian tubuh lainnya. Sebenarnya hal ini bisa dicegah sih, saya banyak baca review ibu yang berhasil lolos tanpa bekas saat kehamilannya, dan memang mereka sejak awal rajin banget oles oles krim dan perawatan anti stretch marks. Yang paling penting itu JANGAN DIGARUK! Saya juga paham ini sulit banget, gatalnya suka tak tertahankan. Pernah saya sampai engga bisa tidur saking gatalnya.

Continue reading

Kontrol Kehamilan dengan dr Fetomaternal

Hai mom to be!

Mau share lagi nih, saya dan beberapa teman saya yang lain, hamil di waktu yang cukup berdekatan, pastinya kami saling tukar info seputar bayi dan kehamilan dong. Mulai dari bahas morning sickness, pergerakan bayi, dan konsul ke dokter. Nah salah satunya ya tentanf usg 4d ini. Awalnya sih engga terlalu mau ngelakuin usg 4d, soalnya dokter juga tidak mengharuskan saya usg 4d kalau memang tidak ada indikasi kelainan saat usg 2d, tapi kalau penasaran boleh katanya dilakukan usg 4d. Sempet mikir apa karna di rs ini engga ada alat usg 4d jadi makanya ga diharuskan ya. Hehe suudzan ajah.

Continue reading

The Second Trimester

Hai!

Awal awal masa kehamilan itu masih suka percaya engga percaya loh kalau sudah hamil, dari segi perut belum terlalu terlihat, hanya agak buncit kan, kalau malem agak buncit pun paginya kempesan, ngidam juga engga, malah suami saya yang ngidam pisang bakar keju malem malem. Mual mual juga untungnya engga, hanya beberapa kali muntah. Berat badan malah turun dan susah naik. Eittss itu cerita saat trimester satu, yang kalau kamu mau kamu bisa baca di post sebelumnya my very first “first semester”, nah di post ini saya mau berbagi cerita tentang kisah selama trimester kedua saya. Dimana rasanya seru serunya hamil mulai terasa.

Continue reading