Melahirkan di RSU Bunda Margonda

Hai!

Di post sebelumnya saya menceritakan tentang proses melahirkan saya yang agak dadakan. Di post ini saya mau cerita lebih ke pengalaman, kesan, dan biaya melahirkan di Rumah Sakit tempat saya melahirkan, yaitu RSU Bunda Margonda. Dari awal kontrol ke Bunda, sekitar sebulan sebelum lahiran, saya sudah dapat kode untuk kemungkinan melahirkan sesar. Sekitar dua minggu dari jadwal saya sesar, saya dan suami mulai tanya tanya biaya melahirkan secara sesar di Bunda plus book kamar.

Semua kamar di Bunda ini rooming in ya, jadi ibu dan bayi di rawat di ruangan yang sama, meski pun waktu saya kemarin, Kay nginep di ruang bayi pas malam pertama, karena dia gumoh coklat gitu, katanya sih karna nelen air ketuban. Kemarin saya ambil kamar yang VVIP/CDC, saya agak ngotot ambil kamar ini karena untuk yang nungguin pasien dapet jatahnya ranjang beneran bukan sofa bed,plus ada ruang tamu terpisah untuk tamunya, jadi pas saya nyusuin atau lagi istirahat, suami bisa nerima tamu di ruang tamu tanpa menganggu saya dan bayi, TV juga ada di ruang tamu, jadi suami tetep bisa nonton TV tanpa gangguin si bayi. Sebagai yang bagian nungguin pasien kalau dirumah ada yang masuk RS, berasa banget enaknya tidur di ranjang di banding sofa bed. Selain itu penunggu pasien juga dapat jatah makan yang sama dengan pasien, karena saat itu puasa, pihak Bunda mau kok untuk serve makanan untuk suami saya pas jam sahur dan sebelum berbuka.

Selain VVIP/CDC, untuk melahirkan di pricelist yang diperlihatkan ke saya ada kelas VIP/Perdana, kelas I/Utama dan kelas II, dan kelas III. Tapi maaf yang saya inget hanya menjelaskan sampai kelas I. Kalau tidak salah ingat VVIP dan VIP itu perkamar 1 orang, sedangakn kelas 1 perkamar 2 orang. Untuk jumlah kamarnya, Bunda hanya punya 1 kamar VVIP dan 6 kamar VIP.

Langsung ke daftar harganya ya

Sesar

Sesar

Normal

Normal

Saya diinfokan oleh mba customer carenya Bunda, bahwa harga tersebut masih kisaran saja, biasanya akan naik sekitar 30% dari harga yang tertera. Nah untuk proses sesar, jika terjadi emergency caesarean itu biaya bisa bertambah lagi 25%. Dengan kelas yang saya mau, kalau kemarin saya jadinya emergency caesarean sih bisa habis hampir 50jt kali yaa. Oh iya karena Kay lahir prematur, suami sempet diminta untuk siap siap kalau Kay masuk NICU, dan saat diinformasi, biaya NICU perhari sekitar 6-8juta. (Ini yg saya dengar dari suami, karena saya sedang sibuk berjuang nahan kontraksi. Hehe)

Hingga akhir 2017 ini, Bunda lagi ada promo untuk diskon harga kamar


Tapi khusus untuk pembayaran secara pribadi, kata suster pas di RS kalau pembayaran dengan asuransi engga bisa dapat diskon harga kamar. Selain itu dapat bonus konsultasi laktasi, jemput pasien, pijat bayi, juga homecare (khusus kelas CDC) Plus free foto bayi, lengkap dengan framenya.


Don’t expect to much lah ya, namanya juga foto gratisan. Tapi tetep aja senyum senyum sendiri waktu terima hasil fotonya ini. Saya engga tahu itu baju siapa yang dipake Kay, tapi keliatan kegedean, maklum anak saya lahirnya mungil :’D

Kalau ada yang penasaran saya keluar biaya berapa, saya melahirkan secara normal dan di rawat selama tiga hari di CDC total biaya yang kami bayarkan kurang lebih 17jt (lupa persisnya berapa) —tambahan, karena saya pakai biaya pribadi, jadi saya dapet diskon kamar 28%, makanya biaya total yang saya keluarkan masih sekitar 17jtan–

Oke, sekarang saya mau bahas masalah kesan saya saat dirawat di Bunda. Dari awal saya ke ugd, masuk ke area ruang bersalin hingga akhirnya masuk ke kamar rawat inap, semua suster dan staffnya baik dan ramah. Tengah malem saya bel juga meski mukanya ngantuk tapi tetap ramah. Makanannya pun enak, jadi saya cukup lahap makannya dan engga perlu beli makanan dari luar RS hanya karna engga doyan makanannya. Sewaktu ngajarin saya untuk menyusui juga mereka baik dan telaten, selalu ngingetin untuk bangunin bayi saya tiap dua jam sekali untuk nyusuin. Soalnua bayi saya suka banget tidur awal awal, sampe untuk bangunib kita butuh sejam lebih dan akhirnya kita buka bedongnya baru dia bangun karna berasa dingin. Hahaha

Sewaktu di rawat saya divisit oleh tiga dokter, masing masing sekali. Obgyn saya sekali di hari ke dua untuk cek kondisi jahitan dan approval untuk boleh pulang. Dsa anak saya sekali saat hari ketiga untuk mengecek kondisi anak saya dan instruksi untuk cek lab bayi terakhir oleh dr umum.

Saat pulang dari RS juga kami dapat oleh oleh paket sabun bayi dll dengan dua merek berbeda, juga kalender apartemen atlanta yang dibangun di belakang RS :D. Sebelum pulang saya dijelaskan untuk kontrol dua minggu lagi, untuk saya dan anak saya, juga pengambilan hasil lab yang kurang, hasil foto bayi, dan surat keterangan lahirnya bisa diambil pada saat saya sekalian kontrol. Satu sih yang menurut saya service mereka oke, sehari sebelum jadwal kontrol, saya ditelfon pihak Bunda untuk mengingatkan bahwa besok jadwal kontrol dan sudah mereka daftarkan sehingga saya dan bayi saya dapat urutan no 1.

Cuma yang nyebelin justru pas kontrolnya, saya datang sebelum jam satu (kondisi bayi engga saya bawa, karna saya engga mau dia kelamaan di RS) udah dapet nomor urut satu, dicatatan suster juga nomer satu, begitu dokter datang tau tau saya diselak orang, alasannua karna pasien rawat inap, ya kan saya juga. Apagunanya dong aaya telfon dari hari sebelumnya, datang sejam sebelumnya. Ya maklum aja ya, ibu baru ninggalin anak, mau buru buru terus diselak orang ya emosi.

Selain hal pas kontrol itu sih sisanya oke banget untuk melahirkan di Bunda ini, dan saya super rekomen dr Dian, meskipun baru tiga kali kontrol, langsung cocok. Nanti kalau anak kedua pasti sama beliau lagi. Syukur syukur bisa lahiran normal. Hehe.

Hope this help ya mom.

4 thoughts on “Melahirkan di RSU Bunda Margonda

  1. dhea says:

    mom, selamat atas kelahiran nya.
    itu biaya 17jt blum ditambah 30% lagi ya seperti perkiraan harga ditabel.
    vvip normal 17jt saya cukup hemat harga nya.

  2. arinachairunnisa says:

    Hi mom, terima kasih. Sehabis nanya suami, katanya biaya yang keluar 17juta koma atas, nearly 18jt. Itu udah include penambahan 30%. Kebetulan aku pake biaya pribadi mom, jadi dapet diskon kamar 28% yg promo kamar vvip sampei dec ’17. Makanya sama harga table jadi ga beda jauh kali yaa.

  3. dhea says:

    makasih mom info nya, wah promo nya boleh banget nih bunda.
    iya akurat banget sama di tabel, pake pribadi ibarat nya jadi ga kena 30% tambahan nya lagi. Nalangin dulu deh abis itu reimburs ke asuransi, hehehehe

    trus fasilitas homecare nya gmn tuh mom ? si perawat nya datang kerumah ?

    • arinachairunnisa says:

      Iya, nanti ada susternya ke rumah untuk pijat dan mandiin bayi. karena aku lahiran mepet lebaran, mereka dateng sekitar 2 mingguan abis lahiran. Saranku kalo newmom kayak aku siapin yang bisa bantu buat mandiin bayi, aku waktu itu kebingungan mandiin bayi yang masih ada talipusernya dan belum siapin bala bantuan (homecare) hehe

Leave a Reply

