Prenatal Yoga Bersama Budhe

Haiii..

Pada saat menulis blog ini saya sudah empat kali mengikuti prenatal yoga bersama budhe, sapaan akrab Bidan Erie Marjoko. Awal mula bisa bertemu dengan budhe saya ceritakan disini Bidan Erie Marjoko dari yang awalnya iseng mencari prenatal yoga depok, sampai akhirnya rutin prenatal yoga sama budhe. Jadwal kelas prenatal yoga dengan budhe itu seminggu ada tiga kali.

  • Rabu pukul 09:00
  • Sabtu pukul 16:00
  • Minggu pukul 09:00

Untuk pendaftaran sih engga ada yang resmi banget gimana gitu, tapi baiknya kita whatsapp budhe dulu sehari sebelumnya. Yang ditakutkan kalau engga WA dulu itu kelasnya ternyata dicancel, karena budhe ada home birth atau ada yang sedang melahirkan. Jujur sih saya belum pernah ikut kelas weekend yg katanya rame, berhubung IRT ya saya ambil kelas yang hari rabu, paling ramenya pun itu bertujuh, dan kala itu makin berasa ramai karena saat itu ada 5 ibu yang sedang di rawat disana sehabis melahirkan, padahal biasanya hanya satu atau dua aja yang lahiran. Untuk matras yoga juga sudah disediakan oleh budhe ya, tapi yang mau bawa sendiri juga boleh kok. 

Hal yang paling saya suka dari prenatal yoga ini, setiap habis yoga itu pasti kondisi kita dan janin di cek satu satu sama budhe, meskipun  hanya dengan minyak zaitun dan fetal dopler tapi nyaman dan nyenengin aja prosesnya, budhe ramah dan gentle sekali selama kontrol. Waktu tunggu juga jadi engga berasa lama karena diisi dengan ngobrol bersama ibu ibu lain. Mukanya engga ada yang tegang loh, padahal pas yoga pertama ada yang sudah hamil 42 minggu, ada yang sudah disuruh dr spognya sesar bahkan dari seminggu yang lalu, tapi mukanya tenang dan damai aja. Memang salah satu yang saya rasakan saat ngobrol dengan budhe adalah bikin tenang. Suami juga ngerasain, yang awalnya ada apa dikit pasti buru buru pengen ke dokter, kalau ada mau sedikit pasti mesti diturut saat itu juga. Setelah rajin prenatal yoga dan relaksasi, pembawaan jadi lebih tenang (sedikit) hehe.

Kelas prenatal yoga bersama budhe ini ada dua macam, yang ramai ramai (seperti jadwal yang sudah saya sebutkan) dan ada juga yang private. Saya sudah 2x ambil kelas private, karena kebetulan ada 2 minggu yang hari rabunya saya berhalangan, dan saya engga mau banget bolos yoga, jadi minta budhe untuk ambil kelas private. Privatenya pun bisa ke rumah kita atau tetap di tempat praktek budhe, kalau saya pilih yang ke tempat budhe, supaya jalan jalan dan keluar rumah, meskipun agak perjuangan ke tempat praktek budhe. Hehe

Nah kalau plus minusnya antara yoga ramean dan private itu, saat yoganya memang lebih enak barengan ya, engga seberasa gitu sejamnya, tau tau budhe udah ngajak pendinginan sama relaksasi aja. Namun memang untuk kontrol jadi lebih sebentar, belum lagi waktu tunggu untuk giliran dicek oleh budhe. Kalau yang private, sejam itu berasa ya lamanya, hehe. Tapi saat relaksasi berasa lebih deep karena budhe ngomongnya langsung ke kita dan saat kontrol pun lebih lama, jadi sesi tanya tanya budhe dan baby lebih panjang juga deeh.

Untuk giliran kontrol setelah yoga bersama itu ditentukan dari urutan kedatangan sebelum yoga, nanti para asisten budhe akan mencatat urutan nama yang datang sekalian mengukur tensi masing masing ibu, jadi kalau mau dapat giliran kontrol awal awal, datangnya lebih pagi ya mom! Untuk biaya sih kemarin saat yoga yang biasa plus kontrolnya 150ribu nah untuk private pasti lebih mahal, biayanya 400rb, nah tapi saya kurang tahu kalau budhe datang ke tempat kita biayanya segitu juga apa engga.

Suasana setelah Yoga

Kira kira itu sih yang bisa saya share tentang prenatal yoga bersama budhe, untuk no hp budhe dan alamat sudah daya cantumkan di post saya mengenai pertemuan pertama dengan budhe, linknya juga ada diatas. Selama puasa juga jadwal yoga tetap ada dan sama ya, kalau kata budhe ‘kan yang wajib puasa hanya saya, bumilnyaa boleh engga puasa, jadi yoga tetap jalan’ Semoga membantu!

Love,

***

Leave a Reply

