Stretch marks dan perut gatal saat hamil!

Duh ya kayaknya momok ibu hamil banget ya stretch marks itu, beruntung lah ibu ibu yang ketika hamil engga muncul stretch marks sama sekali di perut atau bagian tubuh lainnya. Sebenarnya hal ini bisa dicegah sih, saya banyak baca review ibu yang berhasil lolos tanpa bekas saat kehamilannya, dan memang mereka sejak awal rajin banget oles oles krim dan perawatan anti stretch marks. Yang paling penting itu JANGAN DIGARUK! Saya juga paham ini sulit banget, gatalnya suka tak tertahankan. Pernah saya sampai engga bisa tidur saking gatalnya.

Sewaktu umur kehamilan awal sampai 7 bulan perut saya aman tanpa stretch marks, karna kebetulan hamilnya kecil juga, plus rajin oles oles krim mederma (krim ini dikasih sama temenku yg berhasil loloa tanpa stretch marks, tapi dia bilang cari mederma yg masih made in luar). Happy dong saya, nah karena aman dari stretch marks ini, mulai deh di akhir akhir bandel bolos makenya. Sampe akhirnya di 7bulan lewat stretch marks muncul! Duh langsung panik kan, mulai rajin oles lagi dan cari resep menghilangkan stretch marks. Kebetulan baru aja mesen essential oil Young Living, jadi cari resep yang pake YLEO, trial and error juga sih. Ada 3 resep yang saya temuin yang bilang ampuh untuk stretch marks

  1. Frankincense + Lavender + carrier oil. Ini yang saya pakai, karena kebetulan di kit oil saya ada 2 oil ini. Tanpa babibu langsung buat racikannya deh. Btw ini saya pakai di muka juga loh gantinya cream dan perawatan muka malam. kalau saya pakainya 10 tetes frankincense , 10 tetes lavende untuk 20ml VCO
  2. Gentle baby + carrier oil. Kalau kata ibu ibu di female daily, ini ampuh banget, dan nantinya bisa untuk pengganti minyak telon saat babynya lahir. Berhubung engga ada di kit ya engga saya coba, tapi pengen beli sih buat si dede nantinya
  3. Myrrh + Lavender + carrier oil, lavender dengan fungsi restorative dan regenerative-nya, lalu Myrrh dengan fungsi astringent-nya. Sama ini belum di coba juga karena engga punya oilnya, tapi mau beli juga sih, baca web di bidan kita myrrh bisa membantu optimalisasi posisi janin. (Maklum masih sungsang , apa juga dicoba usahain,hehe)

Setelah diracik, jangan letakan di wadah berbahan plastik ya mom, please storage them in glass container 😉 Sebenarnya masih banyak sih resep untuk mencegah dan menghilangkan stretch marks dengn essential oil, coba googling aja mom, ada yang pakai geranium, rose, jasmine, dll. Saran saya sih paki resep yang kita memang punya oilnya. Plus hasilnya terlihat engga langsung ya, every wound needs time to heal. Jadi setiap pagi dan malam saya rajin oles oles racikan oil ini. Karena lavender juga bantu saya untuk cepat tidur dan lebih nyenyak, maklum perut makin besar, hawa tubuh makin panas, makin susah untuk tidur.

Kalau untuk Gatal bagaimana?

Nah, dulu tuh pake mederma ampuh untuk menghilamgkan gatalnya, abis oles pasti hilang. Sedihnya belakangan ini mederma ga ampuh lagi dong, sampai saya susah tidur saking gatelnya dan gemes banget mau ngegaruk perut ini. Akhirnya saya ber-experiment lh dengan barang dirumah dan oil yang saya punya, vaseline+essential oil, this is not recommended yaa, just sharing apa yang berhasil di saya. Soalnya vaseline itu bukan carrier yang baik untuk EO, baiknya pakai VCO EVOO, V6 atau minyak nabati lainnya, tapi ga tau kenapa kalau habis oles oles pake racikan ini gatelnya hilang, jadi bisa tidur atau berkegiatan lagi.Konsul ke dokter malah kalau perlu, karena engga semua ibu hamil bisa pakai EO. Ini karena udah despo juga sih, pake mederma ga mempan, bio oil ga mempan, racikan YLEO ga mempan, gatelnya tetep ada, barulah campuran vaselin+EO yang mempan.

Tuk ibu ibu yang mengalami hal serupa semangat ya! I feel you mom.

Hope this help 🙂

Leave a Reply

