Kontrol Kehamilan dengan dr Fetomaternal

Hai mom to be!

Mau share lagi nih, saya dan beberapa teman saya yang lain, hamil di waktu yang cukup berdekatan, pastinya kami saling tukar info seputar bayi dan kehamilan dong. Mulai dari bahas morning sickness, pergerakan bayi, dan konsul ke dokter. Nah salah satunya ya tentanf usg 4d ini. Awalnya sih engga terlalu mau ngelakuin usg 4d, soalnya dokter juga tidak mengharuskan saya usg 4d kalau memang tidak ada indikasi kelainan saat usg 2d, tapi kalau penasaran boleh katanya dilakukan usg 4d. Sempet mikir apa karna di rs ini engga ada alat usg 4d jadi makanya ga diharuskan ya. Hehe suudzan ajah.

Salah satu teman saya cerita, dr kandungannya menyarankan untuk mengunjungi dr fetomaternal minimal sekali selama kehamilan, dan waktu yang baik untuk kontrol tersebut adalah umur 3, 5 atau 8 bulan. Karena kontrol dengan dr fetomaternal lebih menyeluruh, seperti mengecek aliran darah, jumlah air ketuban, ruang” di otak, ginjal, dan organ dalam lain di cek semua, bukan melulu untuk 4d dan lihat muka si baby. Lebih untuk mengecek kondisi janin secara keseluruhan sih. Kalau kata dokter saya, semua spog sebenarnya bisa  mengoperasikan alat usg 4d, tapi memang lebih baik usg 4d ke spog yang juga fetomaternal.

Nah karena pertimbangan hal ini saya memutuskan untuk konsul ke dr fetomaternal, kebetulan yang disarankan oleh dr reguler saya untuk konsul dengan dr fetomaternal sekalian usg 4d adalah dr Novi Resistantie, Spog, beliau praktek di rs hermina depok dan rs bunda medik depok. Untuk jadwal di rs hermina depok bisa klik disini Jadwal Dokter RS Hermina Depok dan untuk jadwal dr bunda medik bisa klik link ini Jadwal Dokter RS Bunda Medik Margonda .

Karena di rs hermina pasien dr Novi sudah full meskipun saya telfon seminggu sebelumnya (baiknya yang mau kontrol dengan dr Novi di hermina book via telfon jauh jauh hari yaa) saya akhirnya kontrol di rs bunda medik, kalau bunda medik sistem pendaftarannya itu perkedatangan jadi meskipun udah telfon sebelumnya, kalau belum datang daftar dan ditensi perawat, nama kita belum masuk list pasien.

Kontrol dengan dr Novi tidak seperti apa yang saya bayangkan untuk usg 4d, pertama tama beliau mengecek semua kelengkapan organ, perbandingan ukuran tubuh dan lain lainnya menggunakan usg 2d, termasuk ketika mengcapture bagian muka si dedek, terus tau tau dengan beberapa klik gambarnya jadi lebih jelas dan 3d, kelihatan deh tampak samping muka si dedek. Kirain kalau usd 4d tuh semua proses usgnya akan akan menggunakan tampilan 4d, tapi yang jelas sih alatnya lebih canggih ya dari alat usg ditempat saya kontrol reguler. Kalau usg 4d sendiri yang sepemahaman saya sih saat real time, terlihat tubuh dan pergerakan bayi secara tanpilan 4d.

Nah untuk dr Novi sendiri, menurut saya orangnya baik, baik banget malah. Aura dan pembawaannya keibuan sekali, bicaranya pun lembut, saking lembutnya di akhir akhir usg suaranya jadi pelan banget, mana pas ngejelasin bagian tubuh si dedek pakai bahasa biologi kan. Haha. Bahkan terakhir kami dihadiahi konsultasi gratis, apa mungkin karena ternyata kami satu komplek perumahan yaa? Terima kasih banyak dok! :*

Untuk harga usg 4d di rs bunda medik itu sekitar 690rb, yang kita dapat ada cd isinya foto foto usg, hasil print usg both 2d and 4d. Hasil printnya banyak, kalau biasanya pas kontrol reguler saya hanya dapat selembar foto hasil print ini dapat belasan foto. Jadi harga tersebut belum termasuk biaya konsultasi dengan dr spog dan obat obatan.

Enaknya konsul dengan dr spesialis fetomaternal adalah benar benar dijelaskan secara detail kondisi calon bayi kita dari ujung kepala hingga ujung kaki. Engga heran satu pasien bisa 30-45 menit, bahkan ada juga yang sampai sejam lebih. Kalau kita kontrol reguler kan hanya 10-15 menit. Mungkin karena ini pasiennya tidak terlalu banyak. Hanya 4 aja selesainya jam 21.30 kebayang kalau ada 10 orang, mau kapan selesainya :0

Nah buat yang ingin tahu ketika kontrol ke dr fetomaternal apa saja yang di cek, ini beberapa foto dari hasil usg saya.

This slideshow requires JavaScript.

Sebenarnya hasilnya masih lebih banyak lagi, ada perbandingan jumlah oksigen yang masuk dari plasenta dengan yang mengalir sampai ke otak, kondisi aliran darah bayi, foto foto grafik lainnya dan perbandingan perbandingan lainnya yang kalau saya lihat di cd yang saya dapat ada kurang lebih 46 foto. Kebanyakan sih in 2D ya, hanya muka bayi yang 3D dan ada yang realtime 4D.

Begitulah kurang lebih cerita saya saat konsul dengan dr fetomaternal, kalau saran saya sih, memang ada baiknya untuk minimal sekali cek dengan dr fetomaternal ini. Selain bisa tau lebih detail kondisi si dedek, kalau lagi beruntung bisa intip muka dedek bayi deh. Tapi kalau kata dokter saya “inget ya ibu, tujuan utama 4d itu bukan untuk lihat muka bayinya, tapi untuk mengecek kondisi bayi terutama jaringan lunak, karna 2d kan usgnya lebih ke tulang dan air ketuban” ya tapi ga bisa disalahin juga sih orang tua yang sampai beberapa kali 4d demi liat muka si dedek. Saya dulu beranggapan, ya kalo engga keliatan di usg 4d nanti juga pas lahir keliatan mukanya, tapi begitu abis 4d dan muka si dedek keliatan even hanya tampak samping, itu happy banget sampe mau nangis. Huhu

Sehat sehat ya nak sampai kita ketemu nanti.

Love,

***

Advertisements

One thought on “Kontrol Kehamilan dengan dr Fetomaternal

  1. Kornelius says:

    Baru kemarin periksa 4d di gulardi center jalan kimia jakarta… karena sifatnya rujukan..hanya diperiksa saja tanpa bisa berkonsultasi..untuk konsultasi dikembalikan ke dokter yang merujuk.

    Dan memang disarankan untuk yang memiliki high risk pregnancy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s