Before pregnancy journey

Hai!
Beberapa hari lalu salah seorang teman lama yang juga sudah menikah menghubungi saya sekedar untuk bertegur sapa dan memberi ucapan selamat atas kehamilan saya, nah sepanjang obrolan kami, adalah obrolan kami tentang  kiat kiat saya untuk hamil , dan apakah hal itu sudah saya tulis di blog atau belum, nah kalau belum tolong di tuliskan, karena perkataan seorang teman tentu lebih bisa dipercaya diantara banyaknya info di internet ini.

Alhamdulillah, saya dan pasangan hanya diberi waktu sebentar untuk menikmati masa masa pacaran halal, sebelum akhirnya kami makin bahagia karena sebentar lagi keluarga kami insyaallah akan bertambah dengan kehadiran buah hati kami nantinya. Dari awal saya dan pasangan memang tidak ingin menunda momongan, bahkan maunya langsung, dan beneran deh tiap datang hari haid itu bawaannya sedih, yang langsung terbersit di pikiran saya “yah, masih belum dikasih kepercayaan untuk hamil” dan jujur walaupun itu basa basi ditanya “sudah isi belum” itu nyelekit loh. Makanya begitu telat haid beberapa hari aja langsung cepet cepet beli test pack untuk ngecek.

Siklus haid saya itu tidak teratur dan kadang hanya berjarak 20 hari, jadi agak sulit untuk menentukan waktu subur saya. Selama 2 bulan menikah dan sebelum tahu tentang kehamilan ini saja saya mengalami haid 3 kali, dan history saya memiliki dua rahim juga bikin saya makin was was. Cerita saya mengenai rahim kembar ini bisa kamu baca di post Bicornuate Uterus / Rahim Kembar

Semenjak beberapa bulan sebelum menikah, saya sudah mulai googling juga bagaimana sih kiat kiat agar cepat hamil itu, dan sampailah saya ke forum ibu ibu hamil yang bercerita kiat kiat mereka untuk program hamil. Beberapa bercerita kalau mereka ke dr spog dan diberi obat penyubur (saya juga sempat diberi resep obat penyubur oleh dr spog saya, tapi sebelum sempat saya minum, alhamdulillah test pack sudah menunjukan dua garis) dan beberapa pula berbagi tipsnya yang saya kira lebih aman dan umum,  yang akhirnya saya terapkan ke diri saya juga, yaitu

  • Asam Folat, 

Asam folat atau folic acid adalah salah satu dari beberapa jenis vitamin B, yang memang baik untuk dikonsumsi sebelum dan selama masa kehamilan. Dari penelitian yang ada, kekurangan asam folat ini dapat berakibat kepada tumbuh kembang janin ataupun hipertensi sang ibu, jadi memang asam folat ini baik dikonsumsi bagi yang ingin program hamil. Perlu diingat asam folat ini hanya suplemen ya, bukan obat agar cepat hamil.

Kala itu setelah resmi jadi suami istri saya dan suami rutin setiap harinya meminum suplemen asam folat ini, yang saya minum itu merek Folavit 400mg. Setelah tahu positif hamil suami mulai lepas minum asam folatnya, saya yang masih lanjut minum asam folat ini selama masa kehamilan, tapi atas anjuran dr spog juga. Setelah tahu saya hamil, keponakan dari pihak suami yang sedang ambil kuliah kedokteran juga bilang, kalau konsumsi asam folat sebelum kehamilan baik oleh calon ibu dan calon ayah itu bagus untuk tumbuh kembang janin nantinya.

  • minum Vit E

Yang saya baca dari Alodokter, vit E ini merupakan suplemen yang cukup penting untuk meningkatkan lapisan rahim untuk persiapan pelekatan pembuahan pada dinding rahim dan khasiat antioksidan yang dimiliki baik untuk keseimbangan hormon dalam tubuh yang juga diperlukan untuk persiapan kehamilan. Nah tapi kita mesti hati hati, karena menurut penelitian untuk persiapan kehamilan jumlah vit E yang kita butuhkan hanya 22,5 UI (15mg) nah apabila ibu hamil mengkonsumsi lebih dari 1500 UI perharinya akan berpotensi untuk menimbulkan gangguan jantung pada janin. Jadi tetap minum sesuai anjuran dokter ya.

Kebetulan kalau saya tidak minum tambahan suplemen vit E lagi, karena saya minum susu pre kehamilan yang juga sudah mengandung vit E. Tapi banyak ibu ibu di forum ibuhamil yang mengkombinasikan penggunaan Asam folat + Vit E + susu pre kehamilan.

  • minum Susu Pre Kehamilan,

Tanpa embel embel susu pre kehamilan saja minum susu setiap hari sudah baik ya untuk tubuh kita. Ada yang bilang susu pre kehamilan ini sebenarnya sama saja dengan susu bubuk biasa, namun yang membedakan adalah kandungan nutrisi di dalam susu pre kehamilan ini yang memang disesuaikan untuk kebutuhan persiapan kehamilan dan juga nutrisi yang dapat meningkatkan kesuburan si calon ibu.

Meminum susu pre kehamilan ini adalah salah satu tips dari sepupu saya, dia bercerita selama masa pernikahannya, satu tahun lebih kosong dan setelah rutin minum susu pre kehamilan (susu yang kami minum adalah prenagen esensis) alhamdulillah sekarang dia sudah dikaruniai buah hati. Tips ini pun dia dapat dari saudara dan temannya yang bercerita 3-6 bulan sebelum menikah mereka mulai rutin minum susu ini dan alhamdulillah tidak lama setelah menikah mereka dipercaya untuk mengandung calon buah hati mereka. Saya juga minum susu ini, kurang lebih setelah pulang dari honeymoon. Alhamdulillah sebulan lebih berselang test pack saya menunjukan hasil positive

  • menerapkan Pola Hidup Sehat

Diantara kiat kiat diatas, yang satu ini yang paling wajib, konsumsi makanan bergizi, olahraga yang teratur, jauhi minuman beralkohol, obat obatan terlarang dan juga rokok. Salah satu yang saya lakukan adalah rajin Yoga. Tapi begitu hamil dan atas anjuran dokter yang saya harus bed rest yoganya hiatus dulu. hehe


Diatas adalah beberapa kiat kiat untuk program hamil yang saya temukan dan juga saya terapkan pada diri saya sendiri. Waktu bagi tiap orang dan pasangan pasti berbeda, ada yang tanpa kiat kiat diatas pun langsung diberi kepercayaan untuk mengandung buah hatinya, ada yang sudah berbulan bulan bahkan lebih melakukan kiat diatas masih belum diberi kepercayaan. Kembali lagi itu kuasa dan rencana Tuhan, kita hanya bisa berusaha dan berdoa.

Semangat!

***

Leave a Reply

