Venue Review : Balai Sudirman

Hunting the perfect venue begin!

Tiap taun cami dapet jaah cuti dua minggu, berhubung masanya tepat, kami manfaatkan lah dua minggu ditahun ini untuk ke Jakarta Wedding Festival dan survey salah satu gedung pernikahan (mubazir banget engga sih dua minggu cuma dipake ke dua acara itu, hahaha). Pada awal awal menentukan gedung, sama seperti bridezilla lainnya, saya mulai dengan googling dan baca berbagai blog yang sharing mengenai venue pernikahan. Pilihan kami kala itu balai sudirman yang panti perwira (di bagian kanan, kapasitasnya up to 1200 orang). Atur atur janjilah kami dengan mba Rany marketingnya Balai sudirman untuk ketemuan. Mba Rany ini ramah banget orangnya, fast response juga, kalau mau coba kontak di 087880090596 ya.

image (16)

Balai Sudirman ini terletak di kawasan tebet, tepatnya di jalan doktor sarhajo no 268. (sumpah dulu saya kira karna namanya balai sudirman, dia adanya di kawasan sudirman. hahaha). Daerahnya cukup macet sih, tapi mau nikah dimanapun juga macet, jadi yaudahlah ya hajar aja. :p . Kemarin pas kita kesana hari kerja looh, tapi jalan dari kalibata ke balai sudirman cukup lama sih satu setengah jam, macet! sigh. Oh iya, kalau masalah parkir, mereka claim bisa menampung 700an mobil di gedung parkir dan 200 di parkiran sekitar panti. Cuma diingat ya, ada kemungkinan kamu share jumlah parkiran ini, karena mereka kan bisa ada dua pesta di satu waktu yang sama.

Sampai disana kita langsung ke marketing room di lantai dua panti prajurit, nanya nanya harga dan juga vendor rekanannya, karena balai sudirman ini untuk senin sampai sabtu wajib menggunakan catering in house oleh PT DPS, khusus minggu malam kita bisa pakai vendor rekanan, cukup banyak vendor catering yang jadi rekanan, di ruang marketing pun mereka display banyak brosur rekanan, semua boleh dibawa pulang kok.  Setelah bertanya tanya, lagsung aja kita jalan jalan lihat ke dua panti.

Langsung kita bahas ballroomnya aja ya. (ps: kita kemarin engga sempet foto, jadi ini courtesy mbah gugel yaa)

Panti Perwira

Panti Perwira

Ini lokasi pertama yang kita survei, pas pertama kita lihat lokasinya, satu yang ada dibayangan aku dan cami cum “kok agak kecil ya” mereka claim bisa menampung 1200 orang, tapi entah kenapa aku dan cami yang sok tau ini merasa agak kurang, belum lagi karena ada pilar pilar yang menambah kesan sempit di ruangan ini. dan pas kita tanya dimana ruang keluarga dan vip, karena engga mungkin kan ditaruh di depan pelaminan, Mba Rany bilang di bagian bawah, setelah pilar itu tempat makanan buffet dan biasa di arrange meja vip 4-6 meja. pas aku sampein ke ayah dia agak kurang suka dengan gagasan ini.

Setelah puas liat hallnya, kita minta untuk liat ruang rias pengantin dan ruangan untuk akad nikah. Untuk ruang rias pengantin ini belum termasuk kalau di panti perwira, kita harus sewa ruang tambahan untuk rias, jadi buat capeng yang rumahnya dekat atau akad di hotel bisa cuma sewa ballroomnya aja tanpa ruang rias.

Untuk ruang riasnya pun, kalau misalnya kita mau akad nikah pagi/siangnya, lalu resepsi malam, kita harus sewa dua ruang rias. karena memang kalau cuma satu engga muat sih pasti satu ruangan untuk dua keluarga.

Lalu untuk akadnya kita harus sewa ruang rapat panti perwira, yang kapasitasnya untuk 80 0rang, kalau keluarganya lebih dari itu bisa taruh bangku dan layar diluarnya, jadi keuarga yang diluar tetap bisa menyaksikan.

Berikut aku rinci biaya untuk panti perwira ya.

Jumat, Sabtu, dan Minggu

Panti Perwira                                                        IDR 30,000,000.00

Ruang Rapat (untuk Akad)                                   IDR   7,000,000.00

2 Ruang VIP (ruang rias)                                    @IDR    3,500,000.00

——————————————————————————————+

Total                                                                     IDR 44,000,000.00

Senin – Kamis

Panti Perwira                                                        IDR 22,000,000.00

Ruang Rapat (untuk Akad)                                   IDR   6,000,000.00

2 Ruang VIP (ruang rias)                                    @IDR    3,500,000.00

——————————————————————————————+

Total                                                                     IDR 35,000,000.00

Berikut rincian harga untuk panti perwira, oh iya jangan lupa untuk manambahkan ppn 10% ya. Waktu peggunaan ruangan itu max 4 jam, untuk pagi dari jam 10.00-14.00 dan untuk malamnya 18.00-22.00 tambahan waktu penggunaan ruangan untuk panti perwira IDR 4,000,000.00 perjamnya.

Panti Prajurit

panti prajurit

 Setelah puas liat liat panti perwira, kita iseng minta ditunjukin juga panti prajurit ke mba Rany. Pertama lihat yang langsung kepikiran itu “woow luas yaa” soalnya kalau dibandingin sama panti perwira, ini hampir dua kali lipatnya panti perwira ya. ceilingnya lebih tinggi, dan dari jalur dari lobby sampai ke pelaminan cukup panjang, kalau ada budget lebih bisa banget buat tambah hiasan lagi. Untuk panti prajurit ini, ruang rias pengantin udah termasuk, kita dapet tiga ruang rias, untuk ruang rias pria, ruang rias wanita dan ruang rias pengantin, entah kenapa di tempat ruang rias pengantin ada kasurnya. hehehe.

Untuk standing party di panti prajurit ini bisa nampung 3,000-3,500 orang, minimal buffet yang dipesan pun untuk 1,000 orang. Untuk ruang akadnya kita perlu sewa ruang tambahan, ruang vip panti prajurit. Sayangnya ruang vip ini cuma muat 40 orang, duh engga bakal muat dong keluarganya, keluarga aku sama cami diitung” yang inti itu 120an lebih. haha. Jadi kayaknya kita akan sewa ruangan panti prajurit 2 jam lagi.

Panti Prajurit ini luas banget, sempet bingung juga buat ngedekornya gimana, soalnya kan cuma mau nyebar paling 500 undangan jadi yang dateng paling 1,000 orang aja. Ciuma katanya bisa lah diatur dekornya supaya engga kelihatan terlalu lowong. Jadi buat para capeng yang ngerasa panti perwira kekecilan tapi panti prajurit terlalu besar, jangan khawatir diskusiin aja sama pihak dekornya.

Untuk rincian biaya panti prajurit.

Jumat, Sabtu, dan Minggu

Panti Perwira                                                        IDR 40,000,000.00

2 Jam Untuk Akad Panti Perwira                      @IDR  5,000,000.00

——————————————————————————————+

Total                                                                     IDR 50,000,000.00

Senin – Kamis

Panti Perwira                                                        IDR 28,000,000.00

2 Jam Untuk Akad Panti Perwira                      @IDR  5,000,000.00

——————————————————————————————+

Total                                                                     IDR 38,000,000.00

Berikut rincian harga untuk panti prajurit, oh iya jangan lupa untuk manambahkan ppn 10% ya. Waktu peggunaan ruangan itu max 4 jam, untuk pagi dari jam 10.00-14.00 dan untuk malamnya 18.00-22.00 tambahan waktu penggunaan ruangan untuk panti prajurit IDR 5,000,000.00 perjamnya.

Untuk dekorasi sih kemarin nanya dengan mwangi dekor untuk panti perwira sekitar 35 juta dan panti prajurit 60 juta. Makanannya sendiri kemarin diskusi dengan puspita sawargi dapet harga 135juta. Jadi kira kira kalau pakai panti prajurit untuk 1,000 orang kurang lebih habis 250 jutaan yaa.


Setelah saya diskusi dengan orang tua dan cami diskusi dengan orang tuanya, akhirnya kita memustuskan untuk tidak menggunakan gedung ini. Orang tua aku sih sebenernya cukup suka ya, terlepas dari kemacetannya. Tapi mamanya cami kurang suka, dan alasan kenapa dia engga suka tidak bisa aku bantah, karena itu juga hal yang ingin aku hindari di pernikahan aku.

So keep looking guys!

***

Posted on 29 Aug,2015
Advertisements

One thought on “Venue Review : Balai Sudirman

  1. intan hiscorp says:

    hallo, aku mau sharing tentang pernikahan aku di gedung graha elnusa yang sudah full karpet harganya jauh lebih murah looh parkirannya juga luas bgt .. kmren acara aku di arrange sama wedding consultant yang kooperatif bgt acara berjalan lancar dengan budget aku yg tidak terlalu mahal dan masuk akal .. silahkan langsung kontak wedding consultant yang handle aku 087800160870 dia udh berpengalaman dalam hal wedding biasanya juga dia suka kasih bonus banyaakk .. hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s