Tips Ketika datang ke Wedding Exhibition

Jakarta Weding Festival 2015 – JCC 14 to 16 Aug 2015

JWF 2015 ini adalah kerjasama dari Weddingku dengan Radyatama, mereka claim sebagai pameran wedding terbesar dan terlengkap se Asia dengan lebih dari 500 vendor yang ikut berpartisipasi. Wow Banget engga sih!? Jakarta Wedding Festival 2015 ini lokasinya di JCC, harga tiket masuk IDR 20k untuk 3 hari, dan konon mereka pakai 4 ballroomnya. Jadi emang gede banget. Selama perjalanan mencari vendor wedding memang JWF ini yang paling besar yang pernah saya datangi

Pertama dateng dan ngeliat wedding exhibition tuh bingung, iyalah secara banyak banget vendornya, dari mulai venue, makanan, dekor, undangan, souvenir, fotografi, kebaya. dan tiap lewat semua ngasih brosur, lewat lagi ditempat yang sama dikasih brosur lagi, sampe akhirnya bilang ke mbanya “kita udah dapet kok mba” hahahaha. Sebagai pasangan yang baru pertama kali datang ke event kayak gini, apalagi event terbesar pasti ada aja dong salah dan bingung bingungnya.

oke ini beberapa kesalahan kami yang bisa saya share untuk jadi tips teman teman dalam mengunjungi wedding expo, supaya lebih maksimal.

  • perhitungkan waktu!

kami datang sekitar jam 4 sore, acara mulai jam 1 siang, yang ada di benak kami kalau terlalu cepat datangnya nanti vendor belum ready semua.. acara mulai dari jam 1 siang hingga jam 11 malam, dari pertama datang hingga pulang kami cuma punya waktu 5 jam. (jam 9 saya udah disuruh pulang sama mama) Itu kurang banget teman teman, ada baiknya memang kita sediakan waktu dua hari atau 1 hari tapi full.

  • Buat list vendor yang ingin dikunjungi!

Buat yang engga punya banyak waktu seperti kami, membuat daftar vendor yang memang ingin didatangi boothnya sebelum datang ke pameran dapat menghemat banyak waktu. Setiap weding exhibition biasanya memiliki web atau media sosial yang disana terdapat info mengenai vendor vendor yang akan ikut menjadi tenant di pameran mereka. Kamu bisa mulai list dengan vendor yang rekanan dengan gedung tempat kamu menikah (kalau sudah menentukan gedung).

  • Masih belum punya list vendor favorite?

Masih engga punya bayangan vendor favorite. Tenang, kemarin saya juga engga punya bayangan mau liat vendor siapa, gedung aja belum tau mau dimana. Pure bener bener mau lihat dan cari info sebanyak banyaknya. Strategi pertama kami itu keliling dulu ke semua vendor, kumpulkan brosur vendor yang ternyata banyak banget, bersyukurlah ada vendor gaun yang ngasih brosur plus map plastik (saran saya bawa tas/ map untuk simpan brosurnya) baru setelah itu kita duduk di cafe yang diatas JCC untuk pilih pilih beberapa vendor yang kita ingin tanya lebih lanjut.

didapati lah vendor vendor pilihan, nah ternyata proses berkeliling dan nentuin vendor cukup makan waktu, apalagi ngobrol sama vendor kan engga bisa sebentar, akhirnya kita cuma sempet ngobrol sama 5-7 vendor dan akhirnya pulang. bahkan belum makan malam 😦

  • Jangan makan dulu!

yupp betul, jangan makan dulu, kenapa? karena di dalam banyak vendor katering yang menyediakan test food untuk calon clientnya. Sedih banget engga sih sebelum ke pameran kita kan kelaparan, jadi makan baso lapangan tembak di samping tempat pameran, padahal di dalam banyak test food, jadi udah engga bisa makan gratis, kita pun ga kuat buat nyobain test food. so saya engga bisa ngasih review tentang makanan deh.. huhuhu.

Kira kira begitu lah cerita ke JCC kemarin, beberapa vendor yang saya sempat ngobrol itu, fine souvenir, mwangi decor, arvore florist (decor), puspita sawargi (catering), financial club (venue), moments to go (photobooth, sweet treats), miarosa (kebaya). Mungkin next post seputar apa yang saya obrolin dengan mereka yaa.

Sebagai orang yang buta banget akan wedding (karena saya anak pertama, dan meskipun sang pacar punya kakak yang sudah menikah, tapi jangan berharap banyak dia tau detailnya, lelaki memang. hhh) datang ke wedding exhibition itu cukup membantu. Membantu untuk tau vendor vendor yang ada, terus ngobrol langsung dengan beberapa vendor disatu tempat dan hari, dan banyak promo serta diskon diskon kalau di pameran, meskipun further googling, dan survey masih tetap harus di lakukan siih.

oh iya, ini oleh oleh dari pameran kemarin, beberapa brosur dan notes.

Oleh Oleh JWF 2015

Oleh Oleh JWF 2015 😉

suka banget sama notesnya, selain dari designnya.. isi didalemnya juga berguna banget, tentang apa yang perlu dipersiapkan mulai dari 6 bulan sampai 2 mgg sebelum hari H dengan check boxnya, dan banyak space untuk nulis catatan. Thank you The Palace National Jeweler and JFW!

Happy Hunting Bride to be!

***

posted on 21 Aug, 2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s