When My Hair Fall Like a Waterfall / Perawatan Rambut Rontok

Beberapa bulan yang lalu, tepatnya dari mulai mei, rambut saya mulai rontok dengan jumlah yang sangat melebihi batas wajar. Batas wajar rambut rontok perhari itu sekitar 50-100, lebih dari itu sudah masuk ke batas yang tidak wajar, dan rambut saya kala itu super super jauh diatas itu, hundreds of hair fall everyday, around 200 to 300 hair per day more than that sometimes, could you imagine!?!?

I will share my hair fall treatment here. My hope for other girls out there who face the same problem like mine, will found the way to treats their hair, and get back the beautiful hair.
Pertama tama saya ceritakan dulu keseharian rambut saya dan perawatannya selama ini.

Rambut saya itu super lurus, kadang orang suka nanya ini dismoothing atau engga, tapi sumpah deh ini asli dari sananya. Nah karna super lurus ini, otomatis dia tidak bervolume, jadi setahun kemarin selama saya kerja kantoran, setiap hari rambut itu dicatok dulu supaya di bagian bawahnya dia belok dan lebih bervolume.

Belum lagi saya itu anaknya karnivora, engga doyan sayur dan buah, paling cuma apel yang bisa dimakan dan itupun jarang banget. Jadi ya kebayang lah ya gimana saya nyiksa rambut ini tiap hari, terus engga pernah dikasih asupan gizi yang cukup. Lelah lah mereka, disiksa tiap hari tapi engga dikasih makan enak.

Saya suka banget nyalon, dari mulai cuma cuci blow aja, gunting poni sebulan sekali, sampai perawatan, nah keseringan diblow yang dihairdryer terus ditariktarik sisirnya itu kan juga engga bagus hasilnya, makin lelah lah rambut ini untuk bertahan dan banyak yang memutuskan untuk pergi hikz.

Saat mereka rontok itu saya super frustated, bisa nangis karena liat rambut yang rontoknya ratusan helai, si pacar juga kena sasaran bajunya basah saya pake tempat buat nangis. Saya sampai di point yang apa aja bakal saya lakukan supaya rambut ini balik lagi, dan jeleknya saya, anaknya itu buru buru pengen hasil instant, segala perawatan yang bilang bikin rambut sembuh dari rontok saya coba, tapi hingga juli kemarin engga ada perubahan, lebih parah malah. yang sekali nyisir rambut pake tangan yang nyangkut itu bisa 5 helai/tangan/kali sisir.

Saya udah engga pernah nyisir lagi, engga mau pake hairdryer, engga mau ke salon lagi, bahkan momen keramas itu momen menakutkan buat saya, karena rambut yang rontok itu super banyak, 1 tutup lubang pembuangan air yang dikamar mandi itu full sama rambut, tiap kali keramas. Gimana engga nangis tiap keramas coba.

Akhirnya saya memutuskan untuk mendapatkan bantuan profesional, yupp.. saya mengunjungi dokter. Dua dokter yang saya kunjungi adalah dr Fauzia, Spkk di RS Hermina depok dan dr Adhi, Spkk di Mitra Keluarga depok (cmiiw). Kenapa dua dokter, karena dokter pertama bilang rambut saya engga kenapa kenapa, memang masanya rontok, dan saya kurang puas jadi mencari second opinion, ternyata jawabannya sama. Ok berarti saya cuma harus sabar nungguin rambut ini sembuh?

Eits engga dong, saya tetap melakukan perawatan lain supaya rambutnya kembali sehat.

Okeee.. Sepertinya udah kepanjangan… Mari kita bahas perawatan yang saya lakukan.

  • Perbaiki Asupan Gizi! Diawal awal saya setiap hari minum wheatgrass shot dan juga segelas jus buah setiap harinya. sekarang tetap diminum, hanya engga seintens biasa. Wheatgrass atau rumput gandum ini saya tanam sendiri mulai dari bibit, lalu setelah satu minggu saya ambil sari daunnya. bisa disajikan terpisah dengan jus buah, ataupun digabung jadi satu. Kalau jus buah, saya campur apa aja buah dan sayur yang ada di kulkas sih, campuran favorit saya itu buah naga + apel + kiwi + strawberry + kol ungu + brokoli. hehehe
  • Ganti Shampoo dan Conditioner! Sebelumnya saya memakai sampo kuda, iya sih rambutnya cepet panjang, tapi ya gitu rontok akhirnya saya ganti ke Shiseido Adenovital Series yang untuk rambut rontok dan mencegah uban. Yang saya pakai hanya Shampoo dan Scalp v essencenya saja. Memang harganya cukup mahal, shampoonya sendiri harganya IDR 250,000 untuk 250ml dan scalp essence harganya sekitar IDR 600,000 untuk 180ml.
  •  Perawatan Rambut Alami! Untuk yang ini biasanya saya lakukan 1-2jam sebelum keramas atau saya diamkan semalaman sebelum besok paginya keramas. Yang paling ngasih efek untuk rambut rontok itu Lidah Buaya. Selama sebulan ini saya rutin memakai lidah buaya sebelum keramas (saya keramas 3 hari sekali). Awal awal sih rontoknya masih super parah, setiap minggu mulai terlihat perubahan rambut yang rontok semakin berkurang
  • Suplemen Rambut! Kedua dokter saya menyarankan saya untuk minum Pantogar untuk membantu proses pemulihan rambut saya. dr Adhi juga menambahkan resep anti oksidan agar semakin baik lagi. Pantogar sendiri bertujuan untuk menyehatkan folikel rambut, selain itu dia juga baik untuk kulit dan kuku. Dulu mama aku pernah dikasih pantogar sama dokter di Er*a, bukan karena rambut rontok, rambut mama sih sehat banget, tapi untuk kulit dia. Kalau kata dokter aku, Pantogar ini khasiat yang diberikan lebih bagus bila digunakan oleh perempuan di banding laki laki, pas kemarin aku tanya pacar aku boleh dikasih pantogar juga atau engga. Hehe.

Itulah hal hal yang saya lakukan selama kurang lebih sebulan ini, hasil kelihatan pada waktu 3 minggu. yang awalnya sewaktu keramas satu tutup pembuangan air penuh, lama lama semakin sedikit rambut yang nyangkut. Saat disisir tangan pun tinggal 1-2 helai yang nyangkut. Rambut rambut yang bertebaran di kamarpun sudah tidak sebanyak itu. Sudah tidak ada rambut rontok di bantal ketika saya bangun pagi!

Saya sih masih sering ke salon, tapi sekarang sukanya ke Jhonny Andrean untuk ambil JA treatment rambut rontok, yang mana produk yang digunakan rangkaiannya Shiseido Adenovital.Harga JA treatment engga terlalu mahal sih, kurang dari IDR 200,000 kalau engga salah.

Semoga perawatan yang saya lakukan bisa memberikan hasil yang sama bagi orang lain, semoga engga perlu rontok dari awalnya sih. Paling utama jaga tingkat stress dan asupan makanan ya girls!

Stay Pretty!

***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s