Eclairs Mini Fla Coklat

Halooo…

Berjumpa lagi di resep resep kue simple bersama saya (ala ala TV gitu deh, hahaha)

Kali ini saya mau membagikan resep Eclairs Mini dengan fla coklat. Resep ini hasil googling sana sini dan akhirnya saya otak atik hingga medapatkan takaran yang pas untuk saya.

Satu hal yang saya suka bingung kalau mengikuti resep adalah biasanya mereka menuliskan resep untuk porsi besar. Terkadang kalau masih coba coba kan sayang ya kalau bikin porsi besar terus gagal. Jadilah saya takar takar sendir supaya cukup untuk dimakan sendiri. hehe.

So Here We Goooo….

Bahan Eclairs

  •  25gr  Tepung Terigu Serbaguna
  • 20gr  Margarin
  • 1btr  Telur
  • 35ml Air

tambahkan garam sedikit. (karena saya sudah paka margarin jadi saatida mnambahka garam)

Bahan Fla

  • 150ml Susu Cair
  • 40gr   Gula Pasir
  • 1/2 sdt mentega
  • 10gr   Mazeina (capur dengan 20ml air)
  • 1/2sdt Pasta coklat
  • 1/4   Kuning Telur

Bahan Toping

  • 100gr  dark coklat
  •  50gr  coklat putih

Leehkan untk seagai bahan pencelup dan hiasan.

Cara Membuat Eclairs 

  1. Panaskan margarin hingga meleleh, lalu tambahkan air. aduk hingga mendidih. matikan api.
  2. Masukan tepung terigu sedikit demi sedikit, sabil panaskan dengan api kecil pada campuran margarin dan air. Aduk hingga rata, matikan api, dan dinginkan.
  3. Setelah adonan agak dingin, campurkan telur dan aduk hingga rata.
  4. masukan adonan ke plastik segitiga, lalu cetak adonan dengan panjang kurang lebih 4cm
  5. bakar dengan api atas bawah selama kurang lebih 15 menit. (cek adonan sesekali dan atur waktu dan panas sesuai kebutuhan)

Cara Membuat Fla.

  1. Panaskan susu cair, margarin dan gula pasir hingga larut dengan api kecil.
  2. Masukan kuning telur, adk hingga rata.
  3. masukan campuran pasta coklat.
  4. masukan mazena dan aduk hingga mengental.
  5. Dinginkan da taruh di plastik Segitiga.

Tahap Akhir

  1. Potong eclairs jangan sampai putus.
  2. masukan fla pada sela eclairs
  3. celup eclairs pada lelhan dark coklat
  4. gunakan coklat putig sebaa hiasan, bisa digambar atau zigzag asal.
Ps: ini masih prcobaan pertama, maaf aa ya hiasan coklat putihnya failed :p

Ps: ini masih prcobaan pertama, maaf aa ya hiasan coklat putihnya failed :p

Resep ini bisa membuat sekitar 10 eclairs mini, jadi cukup banget untuk jdi cemilan sore hari atau pagi pagi sebelum berangkat sekolah ataupun kerja. Jika ingin dimakan beberapa jam kedepan atau esok hari, lebih baik pengisian fla dilakukan mendekati eclairs tersebut dmakan, dinginkan fla dahulu di lemari es untuk hasil terbaik.

Selamat mencoba!!! 😉

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s