I CUT MY HAIR SHORT

singkat cerita, untuk saya potong rambut itu sesuatu yang gambling, karena rambut saya yang super lurus (bahkan kadang suka dikira habis smoothing atau rebonding) itu kalau salah potongan rambut jadi keliatan tipis bahkan pernah potong paling gagal jadi keliatan kayak abg labil yang mau potong rambut ala ala harajuku jepang tapi gagal. Sedih banget engga sih.

Beberapa tolak ukur saya bisa bilang mereka bagus atau engga saat potong rambut saya adalah,

  • Overall look sehabis dipotong dan blow (yang biasanya oke karna sehabis di blow rambut pasti jadi indah gimanaaa gitu)
  • Poni, cutting my fringe right is where i measure (s)he good or not, beside the overal look. Karena rambut saya yang super lurus ini pilihan saya cuma dua, engga pake poni sama sekali, atau pakai poni depan. yepp kayak dora the explorer. dan saya paling engga suka kalau poninya ditipisin dan dibuat zigzag. Bikin muka jadi aneh, dan diprotes sana sini.
  • Tampilan saat rambut engga diblow atau dikering keringkan pakai angin. Kala acara masterchef itu kayak mau lihat dalemnya creme brule, here come the truth. Pas di blow sih oke ya rambutnya, nah pas engga di blow masih oke apa engga? kalau layer terlalu lancip lancip pas di blow memang bagus, tapi kalau kering. woaaah rambut saya kesannya tipis bangeet.

Diatas beberapa tolak ukur saya untuk masalah rambut disamping beberapa hal lain yang sepertinya lebih melibatkan perasaan (halah apasih).

So here i will share several salon, capster or hair styler  that have nailed my hair beautifully. the ordered is not based on their performance, it’s just random.

1. La Maison, Sukajadi, Bandung

Berhubung dulu 3 tahun kuliah di bandung, dan baru paham kalau potong rambut itu engga semuanya sama, mulailah saya berburu hair styler yang oke untuk rambut saya ini, sekitar tingkat dua pilihan akhirnya jatuh di salon ini La Maison namanya, letaknya di Sukajadi, samping Sushitei persis, jadi bisa nyalon sambil makan sushi. Hair styler yang paling oke buat saya namanya Mas Rio potongnya engga terlalu lama dan hasilnya bagus. Si mas Rio ini kayaknya udah cukup lama di La Maison, sekarang sih kayaknya banyak orang baru ya. kalau untuk cuci blow, saya paling suka sama Mba Deuis hasilnya lebih awet dibanding yang lain, walaupun cuma pake sisir sama hairdryer aja.

di La Maison untuk Cuci, Potong, dan Blow dikerjakan oleh tiga orang yang berbeda, jadi suka bingung kalo mau kasih tip, mereka udah kemana tau atau lagi pegang orang lain lagi.

untuk perawatan, bahan yang digunaan, ramah tamah staff dan owner, mereka OK banget. Bahkan si Tante yang punya mash inget saya walaupun udah lama banget engga kesana. Haganya pun cukup murah. Kemarin terakhir ke Badung awal tahun, cuci blow aja sekitar IDR 55,000 kalau potong agak lupa sekitar IDR 100,000 – IDR 150,000. Belum lagi mereka ada free foot massage 30 menit. Pokoknya salon ini luv banget deh di Bandung.

2. Tony n Guy, PIM, Jakarta

Saya biasanya cuma mau di potong sama cowo, karena trauma beberapa kali dipotong sama cewe it hasilnya engga yang kayak saya mau, even in some case it worse. tapi Mba yang satu ini pengecualian. Dikenalkan sama seorang temen kantor, kita janjian untuk nyalon bareng di Tony n Guy, PIM, letaknya di SOGO lupa lantai berapa, satu lantai sama seprai seprai gitu deh. Saya emang pengen potong rambut, lebih ke merapihkan aja sih, karena mau dipanjangin, tapi layernya udah acak kadut. Turn out selesai dipotong hasilnya bagus, poni bagus, dan pas saya engga blow habis keramas juga masih bagus, super love banget deh untuk masa masa rambut saya waktu itu.

Cuma emang anaknya maleskan ya, dan ke PIM itu butuh effort buat menembus macet dan parkiran, jadi belum kesana lagi, terakhir kesana 6 bulan lalu untuk potong rambut yang kedua, hasilnya tetap memuaskan. Nama hair stylishnya itu Mba Diana, termasuk top stylish disana, engga heran harga potongnya juga cukup mahal IDR 550,000 dengan cuci blow. Lumayan menguras kantong sih, tapi kalau hasilnya sebanding why not?

Kalau kesini saya cuma potong rambut, jadi engga bisa review perawatan lainnya, untuk blow yang jadi langganan teman saya (sekarang juga jadi langganan saya) namanya Mba Icha. Sayang sekarang lokasi Tony n Guy jadi agak kecil dibandngkan lokasi sebelumnya.

3. Indis Salon, Plaza Bapindo, Jakarta

Lokasinya agak sulit sih di lantai 1 gedung parkir plaza bapindo, di samping tangga menuju ke foodcourt. Belum lagi tampilan salonnya juga kurang menarik. Banyak para karyawati di Mandiri Tower maupun Citibank Tower yang nyalon disini, biasanya hanya sekedar cuci blow. Hasil cuci blow di salon ini cukup bagus, dan ngebantu banget kalo tiba tiba lagi bad hair day dan mau ada meeting, cuci blow dulu deh disini. Untuk potong rambut saya biasanya cuma gunting poni. Hasilnya bagus rapih, dan masnya juga tau gitu yang bagus gimana, mode kayak apa yg kurang bagus buat poni saya (ya itu si poni zigzag). Jujur lupa banget namanya siapa, tapi untuk potong masnya cuma satu kok, yang kurus tinggi rambutnya lurus cepak.

Kisaran harganya IDR 100,000an untuk potong dan cuci blow. jam bukanya 07.00 – 18.00 wib, tapi bisanya setengah 6 udah pada pulang, sisa satu mba mba yang bagian tutup toko. Yang jaga salon ini ada 3. Mba Kerudung yang handle cuci blow dan prawatan lain kayak meni pedi, kutekan dll. Mas yang agak berisi handle cuci blow, sama Mas kurus yang bagian potong rambut sama cuci blow. Maaf ya agak kurang membantu urusan nama, soalnya mereka ga pake name tag dan saya orangnya agak malu untuk tanya nama mereka siapa. hehe.

4. Johnny Andrean, Margo City, Depok.

Inilah awal mula kenapa saya berniat untuk membuat tulisan mengenai capster atau hairstyler. Karena terlalu lama tinggal di bandung dan juga jakarta, saya agak jarang untuk potong rambut di depok, paling cuma perawatan perawatan aja kayak meni pedi, creambath gitu. Biasanya juga deket ruma di Franz salon. sewaktu mau potong rambut disini bingung deh cari yang oke. Dulu sih ada di VZ salon, Mas Agus namanya, tapi sekarang udah pindah deh mas itu. Akhirnya nekat mutusin ke Johnny Andrean  dan potong rambut mintanya sama siapa aja. Ditemukanlah saya sama Mas Arif. Hasil akhir potongannya rapih, rambut saya juga dipotong sesuai model yang saya mau, dia juga ngasih beberapa saran untuk model yang saya mau. Instead of runcing-runcing yang kayaknya lebih cocok buat rambut panjang, ujung rambut saya dibuat oval, dan potongan poninya juga rapih, Pas. Sempet nemu juga pas googling potong rambut oke di depok ada yang nyaranin mas Johnny Andrean namanya Mas Arul. Tapi pas saya kemarin kesaa dia engga ada.

Untuk harga cukup murah ya, pas saya bayar agak sedikit kaget cuma IDR 90,000. Soalnya ini kali pertama nyoba nyalon disini. Sempet liat harga yang lain untuk toning IDR 195,000 da colouring IDR 225,000.

** update June 2017

5. Irwan Team Hair Design Kota Kasablanka

Sudah lama engga potong rambut, dan sebentar lagi sudah HPL, baiknya rambut ini dipendekin lagi supaya kalau udah lahiran lebih mudah untuk ngurusnya. Dapat bisikan dari adik potong rambut di sini oke, cuma sayangnya dia lupa potong sama siapa, yang dia ingat cuma mas mas dan di harga 175rb untuk potong rambutnya.

Oh iya di irwan team ini harga kapsternya bervariasi, dari mulai 150 ribu hingga 850 ribu untuk gunting wanita, kalau gunting pria lebih murah sedikit. Engga kebayang sih kayak apa yang harga 850 ribu ini. Di meja kasir ada semacam buku menu dengan pilihan kapster + foto masing masing kapster dan harga untuk potong rambut dengan mereka. Pas saya kesana hari senin, kebetulan hanya dua kapster yang available Mba Indah di harga 150 ribu dan mas Erwanto di harga 175 ribu, yaudah saya pilih mas Erwanto, karna clue adik saya kapsternya laki laki dan harga potong rambutnya 175 ribu, entah mas Erwanto yang dia maksud atau bukan.

Saat sampai, mas Erwanto masih menggunting rambut client lain. Setelah selesai, lalu mas Erwanto menghampiri saya dan bertanya saya mau dipotong model apa, setelah itu ada mas mas yang bagian cuci datang dan mendiagnosa rambut saya. Yang ditanya itu, kapan terakhir saya keramas, dan ciri rambut saya seperti apa, sambil si mas ini diagnosa sendiri dengan memegang rambut saya, baru deh di cuci. Pas cuci rambut kita masuk ke satu ruangan sendiri yang cukup private, which is saya suka, soalnya kalau pakai rok terus cuci rambut dan orang lalu lalang, kayaknya risih aja. Belum lagi mas ini pengertian or part of their SOP, saya di kasih handuk besar yang diselimutin supaya nutupin kaki saya, karena saya sedang pakai rok, cuci dan pijatannya juga TOP.

Sewaktu potong rambut kesannya standard potong biasa ya, karena kebetulan saya memang engga mau model aneh aneh, tapi karyawan disini ramah ramah kok. Setelah selesai dipotong rambut saya di cuci lagi dengan mas sebelumnya, setelah dicuci baru rambut saya diblow, oleh mas yang berbeda lagi, baru deh kelihatan bentuknya kayak apa. Hasil setelah blow sih saya suka ya, karena kelihatan layer rambutnya, berhubung sebelumnya rambut saya flat. Setelah blow juga mas Erwanto datang lagi untuk cek final look dan nanya ada yang kurang atau tidak. Begitu dipastikan sudah oke, treatment selesai deh.

Untuk total harga yang saya bayarkan itu 295 ribu, untuk jasa potong rambut 175 ribu dan blow (panjang) 120 ribu, seharusnya sih sekitar 345ribu, karena biaya cuci sekitar 50 riu, tapi saya sedang dapat free cuci dan free vitamin rambut. jadi cuma bayar potong dan blownya saja.

***

Ya semoga setidaknya sedikit membantu buat teman teman sekalian yang lagi mau potong rambut di beberapa wilayah diatas 😉

2 thoughts on “I CUT MY HAIR SHORT

Leave a Reply

