Where the management is missing?

Mengingat salah satu mata kuliah gw, yaitu Principal of Management

Yang mengharuskan gw dan kelompok mencari dimana, akibat serta solusi

Dari hilangnya atau kurangnya management di kehidupan sehari-hari.

Susah susah gampang sebenarnya tugas ini,

Karena banyak hal yang tanpa disadari sebenarnya kurang di manage dengan baik oleh kita sendiri.

Dan, tugas ini menyadarkan gw bahwa management itu sangat penting, bahkan hal hal kecil jika tidak di manage dengan baik pasti bisa berakibat tidak mengenakkan.

Oke salah satunya adalah acara keluarga gw baru-baru ini.

Ya mungkin memang sesuatu yang dadakan dan perubahan rencana yang tiba-tiba pasti terasa lebih seru.

Tapi kadang perubahan perubahan kecil itu menyulitkan.

Ketika papa udah bilang “oke rin besok fix kita ajak keluarga makan di restaurant yang kamu pilih itu”

Tapi ketika hari H tiba papa pun mengubah rencana dari yang awalnya hanya ke daerah sulanjana jadi ke kampung gajah.

hmm okay lumayan jauh ya, tapi ya udahlah.

Dan ketika mendekati lokasi yang dituju tiba-tiba hujan deras dan sepertinya main di kampung gajah engga enak kalo hujan, tujuan pun berubah.

Lokasi makan jadi ke restaurant di dekat sana.

And the management is missing here!!!

Sepertinya kehadiran seorang manager amat wajib untuk ada di restaurant ini,

Agar semua berjalan lancar dan produk yang disampaikan pada konsumen pun sesuai standar.

Gimana ceritanya untuk satu pesanan yang sama (ex : nasi goreng) bisa beda beda hasilnya untuk tiap meja.

Meja A dapet komplit dengan, telur dadar kerupuk dan sambel, Meja B engga pake kerupuk dan meja saya hanya Nasi goreng ditambah sambal terasi.

Agak miris ya, dan butuh satu jam lebih untuk menyajikannya.

Fiuuuuuh.

Yang gw lihat para waiter sepertinya amat kerepotan, (repot menangani konsumen yang protes)

Dan tidak ada sosok leader, ya minimal manager yang membantu menangani masalah ini.

Sepertinya suasana agak chaos, beberapa konsumen bahkan sampai masuk ke dapur karena makanannya tidak kunjung muncul.

Masalah-masalah ini pasti bikin beberapa konsumen berpikir “oh God, ga bakalan lagi gw makan disini” yang berarti mematikan bisnis ini juga kan. Kalo nenek gw sih cuma bilang “Mending tadi nenek aja yang masak di rumah” Yeah I know grandma, you cook better than this.

Lesson learned yang gw dapet adalah semua hal butuh management, tanpa itu secara tiba-tiba suasana bisa berubah kacau, dan semua akan lebih baik jika di manage dengan baik.

Cheers 😀

Leave a Reply

