Ketombe Vs Jeruk Nipis

Gyaaa….

Bete banget engga sih kalo berurusan sama masalah rambut yang satu ini. Bikin engga pede kalo pake baju hitam, tau tau di pundak sama baju ada serpihan putih putih yang engga banget, belum lagi rasa gatal yang ditimbulkan, terus perih perih pas keramas karena kulit kepala luka kegaruk. Apa lagi kalau bukan karena KETOMBE!!

Apa sih penyebab yang paling sering menimbulkan ketombe itu?? Kalau tahu penyebabnya kan kita bisa menghindari supaya ketombe engga timbul. Ada beberapa penyebab kulit kepala kita jadi ketombean dan gatel, seperti yang aku temukan dibawah ini

  • Kulit kepala yang kering
  • Dermatitis seboroik – penyakit kulit yang biasanya menjangkiti kulit kepala dan area tubuh yang berminyak. Pada kulit kepala, penyakit ini menyebabkan kulit berwarna merah, berketombe, dan bersisik.
  • Jarang keramas – Penumpukan minyak dan kotoran di kulit kepala kita menyebabkan munculnya ketombe.
  • Terlalu sering keramas – Hal ini membuat minyak alami dirambut kita hilang dan akhirnya kulit kepala kita mengering.
  • Alergi – alergi atau tidak cocok dengan produk rambut tertentu.

Kulit kepala yang kering sih biasanya jadi penyebab utama timbulnya ketombe. Atau adanya infeksi bakteri dan jamur yang bikin kulit kepala gatal dan ketombean. Saya pernah ngalaminnya, biasanya kalau kelamaan engga keramas, frekuensi saya keramas sih sekitar 2-3x seminggu, karena justru rambut saya tipenya kering. Tapi manusia ada aja mager dan sibuknya jadi engga sempet keramas. Gemes banget sama kepala karena gatelnya luar biasa, belum efek lain yang bikin engga pede. Sampai suatu hari inget kata mama, obat buat ketome adalah Jeruk Nipis.

 

Ya jeruk yang biasa buat makanan dan minuman ini ampuh banget buat ngatasin ketombe. Jeruk nipis mengandung vitamin C dan asam sitrat yang ampuh untuk membasmi ketombe, dia juga punya zat anti bakteri untuk melawan ketombe karena jamur, kandungan asamnya yang bisa menyeimbangkan PH kulit kepala kita serta mengilangkan minyak berlebih yang ada di kulit kepala, penyebab timbulnya ketombe. Engga cuma buat ketombe sebenarnya, jeruk nipis juga bagus untuk kulit wajah, mengatasi jerawat dan menyamarkan noda bekas jerawat, serta buat kamu kamu yang engga pede dengan warna kulit lutut, siku atau keti yang hitam, jeruk nipis bisa membantu mencerahkan warna kulit di area area itu looh.

Balik lagi ke khasiat jeruk nipis untuk ketombe, sebenarnya banyak cara penggunaannya, bahkan bisa dicampur madu, minyak kelapa, dll. Namun disini saya menjelaskan cara melawan ketombe dengan hanya menggunakan jeruk nipis, sesuai dengan pengalaman saya.

  • Siapkan beberapa buah jeruk nipis. Saya sih pakai sekitar 5 buah jeruk nipis, karena fokusnya kan ke kulit kepala bukan batang rambut. Jeruk nipisnya bisa yang beli di pasar atau di supermarket, sama aja kok.
  • Potong jeruk nipis menjadi dua bagian/beberapa bagian. Tujuannya agar mempermudah saat mengolesi sari jeruk nipisnya. Karena bukan untuk dimakan, jadi kita engga perlu repot repot untuk mengeluarkan bijinya kok. Nanti jatuh sendiri dari rambut kita. hehe
  • Oleskan jeruk nipis ke kepala. Sambil diperas peras ya supaya sarinya keluar, bisa juga kalau kamu mau dari awal jeruknya sudah diperas, jadi tinggal oles sarinya ke kulit kepala secara merata.
  • Diamkan selama 30 menit. Ada juga sih yang didiemin semaleman, ini semua terserah kamu, tapi menurut saya 30 menit cukup kok.
  • Cuci rambut dengan shampoo. Pastikan rambut dan kulit kepala benar benar bersih dari sisa jeruk nipis ya! Kalau bisa sih keramasnya juga menggunakan shampoo yang untuk anti ketombe, saya pakai sampo Clear yang memang sudah terkenal untuk melawan ketombe.

Gimana? simple banget kan, tapi hati hati, karena ketombe itu bikin gatal, pasti kita jadi sering menggaruk kulit kepala, hal ini bikin kulit kepala jadi luka dan lecet. Sewaktu diberi perasan jeruk nipis itu rasanya perih banget. Ya gimana sih, luka ditetesin jeruk nipis. haha.

Bener loh, setelah sekali make ketombe di rambut saya langsung hilang dan engga kambuh lagi, ya di maintain dengan menjaga kebersihan kulit kepala sih. Tapi mungkin kasusnya akan berbeda buat tiap orang, selamat mencoba!

 

***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s