Menghitamkan rambut secara alami

Siapa sih yang engga mau punya rambut hitam. lebat dan sehat?

Waktu kecil dulu, dimana tanaman urang aring masih gampang banget di temuin, mama suka banget bikin racikan urang-aring, terus diolesin ke kepala saya. Katanya supaya rambutnya hitam (terbukti dari banyak sampo yang pake tanaman ini) Selain Urang Aring, mama juga suka pakai Kemiri untuk rambut aku, kalau kemiri ini kan masih lebih mudah ditemuin, karena sering digunakan sebagai bumbu dapur. Nah saya mau coba share pengetahuan tentang khasiat urang aring dan kemiri untuk rambut.

Sekilas Kegunaan Urang Aring dan Kemiri

Daun Urang-aring dapat menghasilkan zat pewarna hitam, yang sarinya digunakan untuk menghitamkan rambut dan bisa juga untuk membuat tato. Daun urang-aring biasa digunakan untuk mendinginkan kepala serta untuk menyuburkan dan menghitamkan rambut. Nah kalau ibu ibu jaman dulu (dan sekarang juga sih) suka mengoleskan minyak urang aring dan minyak kemiri ke rambut anak dan bayi mereka dengan tujuan agar rambut si anak tumbuh sehat, hitam dan lebat.

Nah bedanya minyak urang aring dan minyak kemiri adalah warnanya, kalau minyak urang aring baik yang kita buat sendiri, maupun beli yang sudah masal diproduksi biasanya berwarna hijau, sedangkan minyak kemiri umumnya berwarna hitam, hal ini dikarenakan minyak kemiri diperoleh dari biji kemiri yang sebelumnya dibakar terlebih dahulu sebelum diambil minyaknya. Kalau kemiri yang diambil minyaknya tanpa dibakar, warna minyaknya seperti minyak biasa yang agak kekuningan.

 

 

 

 

 

 

 

Disini saya mau share cara penggunaan daun urang aring maupun kemiri dari mentah hingga siap digunakan.

Urang aring

  1. Siapkan daun urang aring, lalu cuci hingga bersih.
  2. Remas-remas daun urang aring hingga ada sarinya. Selain diremas hingga sari daun urang aring keluar, bisa juga dengan diseduh.
  3. Setelah sari dari urang aring diperoleh selanjutnya oles sari urang aring ke kepala.
  4. Diamkan sekitar 30 menit, atau bisa juga didiamkan semalaman.
  5. Bilas dengan shampoo hingga bersih.

Nah gimana mudah kan? selanjutnya saya share penggunaan kemiri ya.

Kemiri

  1. Siapkan Biji kemiri, lalu sangrai atau bakar hingga gosong (hitam seluruhnya).
  2. Tumbuk biji kemiri hingga halus, lalu masukan dalam jar. Diamkan beberapa saat hingga terbentuk dua lapisan, atas lapisan minyak bawah sisa tumbukan kemiri.
  3. Oles minyak kemiri ke rambut/alis. Kalau kamu buru buru, hasil tumbukan kemiri bisa langsung digunakan kok tanpa harus menunggu lapisan minyak terbentuk.
  4. Diamkan 30 menit atau semalaman. Kalau semalaman jangan lupa lapisi handuk ya antara kepala dengan bantal, tahu tahu besoknya bantal udah pada hitam semua :p
  5. Bilas dengan shampoo hingga bersih. Namanya juga minyak, ini agak sulit dibersihkan bisa 2 hingga tiga kali keramas, pastikan kulit kepala dan rambut kamu sudah benar benar bersih dari sisa minyak kemiri ya!
Nah kalau rutin di pakai (misal seminggu sekali) hasilnya pasti keliatan, tapi namanya juga alami, hasil engga akan diperoleh dalam waktu singkat. Sabar ya 😉 Kalau kamu bukan tipikal yang punya banyak waktu untuk repot extract sendiri, sekarang sudah banyak kok yang jual minyak urang aring dan minyak kemiri. Selamat mencoba!
***
source: wikipedia and my experience


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s